Siapapun Bisa Memulai Bisnis Online

            Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin berkembang. Kebutuhan manusia terus meningkat tajam hari demi hari, akses pertukaran informasi pun semakin diperlukan. Internet sebagai salah satu media pertukaran data dan informasi adalah hal yang tidak bisa dilepaskan oleh hampir seluruh manusia yang menghuni dunia. Seluruh dunia telah terkoneksi dengan sangat cepat dan instan.

            Internet menjadi suatu kebutuhan pokok yang tidak terpisahkan dalam kehidupan modern. Setiap manusia memanfaatkannya untuk kepentingan masing – masing. Dunia industri dan bisnis pun tak luput dalam optimalisasi pemanfaatan internet. Pemasaran kini telah menggunakan media ini sebagai jembatan untuk menghubungkan produk mereka dengan para calon konsumen. Namun, bagi sebagian orang yang masih awam, internet bukanlah hal yang istimewa.

            Seiring perkembangannya, internet kini dapat diakses di mana – mana dengan sangat mudah. Dari tua sampai anak sd sekalipun mampu memanfaatkan kemajuan teknologi ini. Ya, setiap orang harus dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin, jika tidak semua itu akan sia – sia bahkan bisa berdampak sangat buruk.

            Salah satu upaya pemanfaatan internet akhir – akhir ini yang marak menjadi sorotan publik adalah sebagai media bisnis online. Ini merupakan opini serta fakta yang sangat ramai dibincangkan. Banyak orang telah meraup keuntungan melalui internet, bukan hanya satu/dua juta rupiah bahkan hingga ratusan juta rupiah, dengan hanya bermodalkan sedikit ide kreatif dan kerja keras maka setiap orang mungkin mampu mewujudkan hal yang terdengar mustahil ini.

            Siapa tidak kenal Mark Zuckerberg, pemilik sekaligus pembuat media jejaring sosial “Facebook.” Kini dia hampir menjadi orang paling kaya termuda di dunia hanya dengan bermodalkan gagasan sederhana sewaktu ia kuliah, yaitu membuat suatu web sosial yang dapat menghubungkan dia dan teman – teman satu kampus. Tidak disangka, ternyata situs jejaring yang ia buat mendapat sambutan hangat bagi banyak mahasiswa lainnya, hingga menyebarlah ke seluruh dunia. Bahkan, anda yang membaca ini pun pasti memiliki akun facebook. Beberapa waktu lalu dunia telah menyoroti kekayaan facebook kini mencapai 100 miliar US$ atau setara dengan 900 triliun rupiah.

            Lalu pasti anda tahu dua pria muda pembuat “Google.” Larry Page dan Sergey Brin yang kini juga telah menjadi salah satu orang paling kaya di dunia berkat gagasan sederhananya, membuat sebuah situs pencarian yang mengaitkan keyword yang ingin dicari dengan setiap situs web yang terdaftar di internet. Sebuah program “search” biasa seperti yang umumnya ada pada komputer masa kini.

            Ada lagi Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan sang pemilik forum nomor satu di Indonesia yaitu Kaskus.us. Sang maestro yang bergelar “from hero to zero.” Mereka yang awalnya sekedar menyalurkan hobi hingga menjadi kaya raya lewat situs ini.

            Banyak nama yang telah menggores sejarah dunia internet lewat penghasilan luar biasa yang mereka dapatkan. Kita yang awam ini pun seakan terbuai akan angan – angan seperti yang telah mereka capai. Bagaimana dengan kita? Mampukah kita memanfaatkan internet sebagai suatu media penghasil uang? Sebagai media yang akan merubah hidup kita? Lihatlah kembali bagaimana kita memanfaatkanya.

            Ada begitu banyak manfaat yang kita dapat melalui internet, kita dapat mencari informasi dengan cepat, menemukan pengetahuan baru yang tidak bisa kita cari dengan mudah sebelumnya, kita bisa berjumpa dengan jutaan orang di seluruh dunia setiap hari, kita bisa berbagi dan saling memberi. Bagi mereka yang sedang memiliki usaha baik itu industry, perdagangan, periklanan, entertain, maupun usaha kecil sekalipun, internet dapat dijadikan sebagai media sosialisasi serta promosi untuk produk mereka. Inilah yang kita sebut sebagai bisnis online. Ini bukan hal yang baru, tapi memang tidak banyak orang yang mengerti dan mampu menjalankannya.

            Untuk dapat berbisnis online, syarat mutlak pertama yang harus kita miliki adalah memahami bagaimana dan apa yang akan kita lakukan pada internet terhadap bisnis atau produk dagangan kita. Pertama, kita harus meluruskan pandangan bahwa disini kita memanfaatkan internet sebagai media promosi, artinya kita secara langsung menjual produk/jasa yang kita miliki melalui internet. Dan berharap akan ada banyak orang yang melihat informasi ini sehingga penjualan kita bisa lebih meningkat tajam.

            Apapun itu yang akan kita promosikan, pertama kali yang kita butuhkan adalah sebuah situs/web tempat dimana kita akan memberikan informasi mengenai produk/jasa yang kita tawarkan kepada calon konsumen. Mutlak kita harus memiliki pengetahuan mengenai bagaimana membuat sebuah web dan mengelolanya, minimal kita mengetahui, walaupun nantinya akan ada divisi lain dalam pengelolaan web ini. Adapun bagi mereka yang pemasaran utamanya melalui internet sudah sepatutnya memahami sampai ke akarnya mengenai web serta pengelolaannya sehingga banyak calon konsumen dapat mengunjungi situs mereka.

            Mungkin bagi yang akan memulai bisnis online rumahan/sederhana, hal – hal seperti ini terdengar cukup rumit. Ini adalah hal yang wajar. Apalagi jika yang ingin memulai ini adalah ibu – ibu rumah tangga, ataupun mereka yang tidak terbiasa pada internet. Tidak masalah, selama kita terus belajar, yang awalnya sulit pasti akan menjadi mudah dan terbiasa.

            Seperti yang kita ketahui sebelumnya, memiliki web adalah hal yang wajib dilakukan. Tapi memang tidak mudah untuk membuat sebuah web yang berdiri sendiri. Begitu rumit dan tidak praktis. Alternatif yang bisa kita gunakan adalah “blog.” Blog sama saja dengan web personal, hanya saja lebih praktis dan mudah dikelola. Kita tidak perlu pusing dalam hal struktur webnya, karena telah disediakan oleh penyedia blog, kita cukup mendaftarkan sebuah akun dan sudah dapat mulai membuat artikel blog. Jika kita ingin membuat tampilannya lebih personal, kita dengan mudah dapat mengubah tampilan sesuai yang kita inginkan, seperti mengubah tema pada handphone. Dengan memaanfaatkan blog, kita tidak perlu repot – repot untuk mengelola web serumit web yang berdiri sendiri, sehingga kita dapat fokus pada pemasaran dan promosi lewat artikel – artikel yang kita tulis.

            Tentu saja belajar sekali dua kali belum cukup membuat kita mahir menggunakan blog. Sekali lagi kita perlu lebih rajin untuk mempelajarinya. Sedikit demi sedikit, lama kelamaan kitapun akan terbiasa. Namun bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk berlama – lama dalam mempelajari blog, autodidak/belajar sendiri bukan pilihan yang tepat. Anda dapat mencoba belajar pada “ahlinya.” Anda harus belajar pada suatu kelas khusus yang membahas tentang ini. “Sekolah Blog” mungkin adalah solusinya.

            Adalah AstaMedia Group, sebuah perusahaan marketing internet yang mengurusi berbagai permasalahan seputar pemasaran/marketing internet. Baru – baru ini membuat sebuah program “Sekolah Blog” dimana anda dapat belajar dan memahami penggunaan blog dengan lebih praktis dan cepat, serta pemanfaatannya dalam dunia bisnis.

            Ini merupakan langkah yang sangat tepat bagi anda yang ingin belajar bisnis online. Tidak hanya hal – hal basic yang akan anda pelajari dari “Sekolah Blog” ini, tapi juga anda dapat belajar hal – hal yang akan anda perlukan dalam dunia bisnis online. Semua itu tidak akan anda temui saat anda belajar sendiri dirumah, cukup sediakan waktu luang dan pergilah menuju “Sekolah Blog” ini untuk mengubah dunia bisnis anda. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Ini merupakan kesempatan terbaik yang sangat rugi untuk anda abaikan. Anda patut mencobanya.

7 thoughts on “Siapapun Bisa Memulai Bisnis Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s