December, Snow or Rain?

Hore sudah bulan Desember….!!! Berarti akan turun salju nih…!!! Wah, nanti aku mau pakai baju hangat, lalu bermain keluar dengan tetangga, membuat boneka salju, main lempar lemparan bola salju. Pokoknya asyik…!!!

Inilah fenomena yang tidak akan pernah kita alami di Indonesia. Fenomena turunnya salju dari langit. Butiran butiran es yang melayang layang seperti kapas. Udara yang sangat dingin menyelimuti seluruh pelosok negeri. Suasana yang sangat indah. Tapi sayangnya, kita tidak akan pernah merasakannya di negeri ini. Suatu ketidakberuntungan-kah?

Indonesia terletak di daerah aliran Khaltulistiwa, garis tengah yang membagi bumi menjadi utara dan selatan. Membuat negeri ini hanya dilalui dua musim, musim kemarau dan penghujan. Musim kemarau terjadi pada bulan April hingga Oktober, dan musim penghujan terjadi pada bulan Oktober hingga April dengan puncak curah hujan tertinggi pada bulan Desember.

Desember dipenuhi dengan hujan dan awan gelap. Berbeda dengan daerah bagian utara bumi yang beriklim subtropis dan sedang, di bulan desember, tepatnya mulai 21 Desember, mereka mengalami musim salju. Dan akan berakhir hingga 21 Maret.

Suasana yang berbeda. Jelas berbeda…

Tapi apakah hujan itu sendiri tidaklah indah?

Kita tidak perlu berkecil hati karena sebenarnya betapa indahnya hujan yang turun membasahi bumi ini. Butiran air yang lembut yang mengguyur pohon pohon yang bernyanyi riang…rumput yang berpesta bermandikan hujan… Semua bersuka cita akan kedatangan hujan.

Indah…

Cobalah merasakan suasana seperti ini, kita memandangi hujan dari balik jendela… Melihat tetes air yang turun saling bersaing satu dengan yang lain untuk mendarat lebih dahulu… Mendengar gemuruh awan yang bergejolak… Merasakan dinginnya udara saat itu… Benar benar indah bukan? mengasyikan bukan?

Ini merupakan suatu keberuntungan yang besar bagi kita… Kita yang dapat merasakan dan menikmati indahnya hujan. Saat yang bisa kita sebut sebagai “December Rain.” Tidak perlu berkecil hati karena sebenarnya hujan itu juga seindah salju…

14 thoughts on “December, Snow or Rain?

  1. saya juga pengen baget ngerasain salju…
    suatu saat nanti lah smga bisa pergi ke negri lain dan menikmati salju, hohoho

  2. bunda selalu menyukai hujan, dengan butir2 yg jatuh lewat jendela, terlihat begitu indah, ditambah lagi dgn harumnya tanah sewaktu hujan baru turun.
    yg tdk disukai tentu saja, kalau sudah musim hujan begini, dimana2 akan banjir, apalagi jakarta, setiap hujan deras, nggak lama , banjir dan macet…..
    salam.

  3. Beruntung ditakdirkan di negeri yang hanya mengenal dua musim, selalu sama antara siang dan malam. Ketimbang mereka yang ditakdirkan hidup di negara empat musim, kadang gelap hanya 3 atau 4 jam, dan terang kadang 18 jam. Tapi itulah takdir, pasti semua ada hikmahnya.

  4. saya masih bermimpi ada hujan duit,
    atau hujan komik
    atau hujan cewek cantik dan seksi
    woohoo😈

    selamat berdesember ria, selamat berhujan-hujanan ria

    terima kasih dan mohon maaf😮

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s